anda pengunjung ke

Senin, 21 November 2011

daur ulang botol plastik

http://garasibaca.blogspot.com/2010/01/daur-ulang-botol-plastik-bekas.html
DAUR ULANG BOTOL PLASTIK BEKAS
Waktu kami jalan2 ke toko buku, kami menemukan sebuah buku keterampilan yang sangat bagus yaitu buku tentang mendaur ulang botol plastik bekas.

Seperti kita ketahui, plastik adalah salah satu bahan yang sangat sulit terurai, padahal produksi plastik, dan penggunaan plastik di kehidupan sehari-hari makin meningkat.

Setelah kami baca-baca, ternyata kreasi-kreasi yang sangat unik bisa kita buat dari plastik bekas minuman botol. Botol yang tadinya kita buang begitu aja ke tempat sampah, setelah kita kreasikan bisa menjadi bentuk-bentuk yang sangat menarik.

catatan : apabila kita tidak berniat mengkreasikan botol bekas, maka apabila botol bekas tersebut mau dibuang, jangan dibuang dalam bentuk utuh, sebaiknya botol diremas, atau dilipat, atau bahkan digunting sebagian, untuk mencegah penggunaan ulang botol tersebut dengan tujuan penipuan/ isi ulang.

Karena bahan plastik botol agak keras maka kita harus mempunyai peralatan khusus. Setelah hunting ke beberapa tempat, maka lengkaplah alat-alat yang dibutuhkan untuk mulai berkreasi.
Tentu saja botol plastik berwarna akan lebih bagus untuk dikreasikan.
Selamat mencoba.
bravowhisky.wordpress.com/2009/09/14/biopori
Manfaat baru botol plastik bekas
Ditulis oleh Masdin Mursaha pada 31-03-2009
Botol-botol plastik sampah bisa diurai untuk membuat bola-bola karbon yang sangat kuat, yang bisa digunakan dalam pelumas.
Vilas Pol dari Bar-Ilan University, Ramat-Gan, Israel, dan rekan-rekannya menghasilkan mikrosfer karbon yang kuat dari PET (polietilen tereftalat) sampah. Mereka memanaskannya botol cola bekas pakai pada suhu 700oC selama tiga jam dalam sebuah reaktor tertutup. Plastik kemudian didekomposisi dibawah tekanan yang terbentuk sendiri untuk menghasilkan bola karbon yang keras dengan diameter antara dua sampai 10 mikrometer. “Salah satu pisau mata berlian kami patah dan yang lainnya rusak pada saat kami mencoba memotong melintang bola karbon ini,” kata Pol.
“Kekuatan material-material ini sangat menarik,” kata Neil Coville, koordinator grup Carbon Nanotubes and Strong Composites di University of the Witwatersrand, Johannesburg, Afrika Selatan. “Hasil ini sangat mengesankan dan kita harus mempertimbangkan penggunaan material ini di masa mendatang”.
“Proses ini sangat menarik,” kata Philippe Serp, seorang ahli di bidang nano-struktur karbon di National Center for Scientific Research, Toulouse, Perancis, “Karena proses ini tidak memerlukan katalis.” Proses yang bisa ditingkatkan menjadi skala industri ini juga tidak memerlukan pelarut dan lebih baik dari metode-metode sekarang yang memiliki kekurangan seperti hasil yang rendah dan pemisahan bola-bola karbon yang tidak maksimal jelaga karbon.
Bola-bola karbon digunakan dalam penyimpanan energi dan piranti-nano. Mikrosfer yang dibuat Pol ini bisa tahan pada tekanan yang sangat tinggi, sehingga dapat digunakan dalam pelumas. Mengurangi suhu reaksi dibawah 700oC akan memberikan partikel-partikel karbon yang lebih besar yang bisa digunakan dalam piranti seperti printer, toner, dan teknologi filtrasi.
“Tantangan yang dihadapi komunitas sains sekarang ini untuk mencari solusi yang inovatif untuk degradasi polimer-polimer limbah telah memotivasi kami,” papar rekan Pol, Aharon Gedanken. “Proses yang kami gunakan ini menunjukkan sebuah cara untuk merubah limbah polimer PET menjadi produk-produk yang bernilai industri.
Memanfaatkan Botol Plastik Bekas di Rumah
Biasanya kita selalu membuang botol Plastik bekas di rumah begitu saja. Paling tidak, botol itu bisa ditukan dengan abu gosok atau dijadikan pot bunga. Tapi, untuk botol tertentu, kita bisa merubahnya menjadi sesuatu yang lain. Tapi, botol tersebut harus mempunyai ukuran tertentu.
Misalnya botol plastik bekas seperti yang saya ambil sebagai contoh. Kebetulan, setiap bulan, saya selalu menghasilkan 1 botol plastik bekas. Dan kalau sebelumnya bootol jenis ini selalu dibuang begitu saja, maka sekarang saya sudah gunakan sebagai benda yang mempunyai manfaat.
Manfaat yang saya maksud adalah menggunakannya sebagai tutup Lubang Resapan Biopori. Pasti sudah banyak yang tau, apa itu biopori. Nah, biopori adalah lubang yang dibuat dengan sengaja (oleh manusia) sebagai sarana atau media air untuk lebih cepat masuk ke dalam tanah. Dan biopori sudah menjadi tren lingkungan hidup dimanapun terutama di wilayah DKI Jakarta.
Nah, untuk langkah pertama adalah kita menyiapkan satu botol plastik bekas. Pada bagian atas atau bagian tutup, kita potong dengan menggunakan pisau atau benda tajam lainnya. Karena, nantinya yang akan kita pakai adalah bagian bawahnya atau bagian pantatnya.
Setelah itu, lubang bagian bawah kita beri lubang sebagai sarana masuknya air. Ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Kita asumsikan cukup untuk masuknya air. + sebesar pensil. Bagaimana cara melubanginya? Kita bisa menggunakan besi atau obeng yang kita panaskan. Setelah kita anggap cukup panas, besi itu sudah bisa kita pakai untuk melubangi bagian bawah botol plastik bekas. Usahakan dibuat memutar dan banyak. Jelasnya, seperti saringan air gitu.


Setelah botol itu siap, maka kita membuat lubang di tanah yang sudah kita atur sebelumnya. Diatur maksudnya adalah mencari dataran rendah pada perkarangan kita. Atau kita bisa menggunakan selokan air di halaman atau bagian-bagian lainnya. Yang lebih rendah Maksudnya adalah, secara otomatis, air akan mengalir ke tempat yang lebih rendah. Sampai dititik itu, air kita bantu masuk ekdalam tanah dengan Lubang Biopori dengan menggunakan Botol Plastik bekas yang sudah kita persiapkan tadi.
Jika kita sudah mempunyai alat pembuat lubang, maka pembuatan lubang akan lebih mudah. Tapi kalau belum, maka gunakan alat-alat lainnya seperti linggis. Buatlah lubang selebar botol plastik dan dalamnya sekitar 80 – 100 cm. Jangan terlalu lebar karena botolnya bakal tenggelam. Atau jika takut tenggelam, maka pada bagian bawah bootol yang sudah kita lubangi, kita buat penahan.
Setelah lubang jadi, makan masukan botol plastik tadi dengan posisi terbalik ke dalam tanah. Posisi bagian pantat botol yang sudah dilubangai, berada diatas. Masukan secara perlahan supaya dinding tanah yang sudah dilubagi tidak runtuh. Dan ingat, panjang botol tidak menutup semua dinding lubang tanah itu. Hanya sekitar 25-30 cm saja. Makanya, saat pemasukan botol plastik, kita harus melakukannya secara perlahan. So, dengan demikian Lubang Biopori sudah jadi dan siap dipergunakan. Untuk membuat hati kita yakin, maka tanah di sekitar permukaan dirapikan dan kita coba dengan menyiramnya dengan air.
Nah, bagaimana? Mudah bukan. Bagaimana kalau kita mencobanya sekarang. Karena mungkin sebentar lagi, musim hujan akan tiba… selain membuat air lebih cepat masuk, kita pun bisa memanfaatkan botol plastik bekas di rumah kita… SELAMAT MENCOBA…
Adakah cara lain yang bisa dilakukan untuk mendaur ulang botol-botol plastik bekas minuman selain mendaur ulangnya kembali? Sebuah pabrikan besar yang bergerak di bisnis coating telah menemukan cara yang berbeda.

Sherwin-Williams beberapa waktu lalu mendapatkan penghargaan dari Environmental Protection Agency (EPA) atas terobosan yang dilakukannya terhadap botol-botol bekas yang terbuat dari polimer Polyethylene terephthalate (PET). Perusahaan tersebut mendaur ulang botol-botol tersebut menjadi cat berbasis air dengan kandungan akrilik atau dikenal dengan Water-Based Acrylic Alkyd Technology (WBAAT) yang umumnya digunakan untuk bangunan komersial.

Untuk membuat cat tersebut, botol-botol plastik tersebut diubah menjadi minyak dan kemudian dicampur dengan minyak kedelai. Hasilnya adalah minyak sintetis yang digunakan sebagai pengganti minyak bumi yang seringkali digunakan sebagai bahan dasar cat alkid yang diproduksi perusahaan tersebut.

Dengan cara ini, Sherwin-Williams berhasil menekan emisi senyawa organik yang mudah material berbahaya senyawa organik yang terlepas ke udara sebesar 60%. Selama tahun 2010 ketika teknologi tersebut mulai dipergunakan sebanyak 362.874 kilogram senyawa tersebut berhasil dikurangi dan menghemat pemakaian minyak bumi sebanyak 1.000 barel. Selain itu sebanyak 113.000 lebih botol bekas telah didaur ulang oleh perusahaan tersebut.
http://www.antarasumut.com/berita-terkini/lingkungan/memilah-botol-minuman-bekas-menjadi-produk-kerajinan/ Memilah Botol Minuman Bekas Menjadi Produk Kerajinan
Medan, 6/5 (www.antarasumut.com) - Botol bekas air mineral biasanya hanya jadi sampah. Tapi di tangan siswa SMA N 2 Medan botol bekas minuman kemasan itu ternyata bisa diolah menjadi sebuah produk kerajinan.
Ketua OSIS SMA Negeri 2, Ari Alpan Tarigan mengaku, ide mengolah botol bekas itu bermula dari kebingungan pihak sekolah melihat tumpukan sampah yang terus menggunung. Terutama, sampah botol minuman bekas.
“Mau diapakan sampah-sampah ini?” ujarnya.
Berangkat dari kesadaran itu, akhirnya tercetuslah ide memilah sampah botol minuman bekas untuk mengurangi sampah di sekolahnya dan mendaur ulang menjadi beragam produk kerajinan.
Ari menambahkan, barang bekas seperti botol plastik bekas minuman dibuat menjadi kap lampu, dan pot bunga, sedangkan kaleng bekas minuman soft drink dibuat menjadi tempat pensil.
“Banyak yang bisa kami buat dari hasil sampah ini,” paparnya.
Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SMA N 2 Medan, Drs Masri Lubis kepada antarasumut.com, Rabu, mengatakan, pihak sekolah sangat mendukung penuh langkah para siswa  mengurangi sampah di sekitar sekolah dengan cara yang kreatif.
“Sebagai pihak sekolah, kami selalu mendukung dan membantu,” paparnya.
Pemanfaatan sampah plastik itu dipandang sangat penting untuk menjaga lingkungan membangkitkan kreatifitas siswa memanfaatkan sampah menjadi sebuah produk kerajinan. (S03MOS/R02MOS)

Incoming search terms:

  • kerajinan dari barang bekas
  • kerajinan barang bekas
  • kerajinan tangan dari botol bekas
  • kerajinan dari bahan bekas
  • kerajinan tangan dari barang bekas
  • kerajinan dari botol bekas
  • kerajinan tangan dari plastik bekas
  • kerajinan
  • pemanfaatan botol bekas
  • kerajinan tangan

http://berita.liputan6.com/read/280263/kerajinan-unik-dari-botol-plastik Kerajinan Unik dari Botol Plastik 

Artikel Terkait

05/06/2010 13:02
Liputan6.com, Magelang: Kreativitas ternyata memang bisa mendatangkan rezeki. Seorang ibu di Magelang, Jawa Tengah, mampu menyulap berbagai botol plastik bekas menjadi kerajinan unik. Sebut saja pensil, bolpoin, hingga gunting, semuanya tercipta berkat keuletan Ibu Watik.

Cara membuat kerajinan botol bekas terbilang mudah. Pertama, siapkan botol plastik bekas obat ataupun vitamin serta kain panel beragam warga. Potong kain memanjang sesuai keinginan, lalu tempelkan ke botol secara berurutan dengan lem. Setelah diberi aksesoris manik-manik, kerajinan lucu dan unik pun selesai dibuat.

Kalau Anda hendak membeli, Ibu Watik menjual satu buah kerajinan ini seharga Rp 10 ribu. Namun tidak ada salahnya Anda pun berkreasi sendiri. Selamat mencoba.(WIL/IAN)
http://tipsrumah.com/memanfaatkan-botol-bekas/
Cara Membuat Kerajinan Tangan Tempat Pensil Menngunakan Botol Bekas
Ayo ajak anak kita bermain sambil memanfaatkan barang bekas yang masih bisa dipakai. Kali ini kita menggunakan bekas botol plastik atau gulungan tisu.
Bahan-bahan lain:


1) Lem kayu
2) Manik-manik atau pasir putih
3) Gunting
4) Hiasan tambahan seperti daun kering, biji-bijian, atau kertas berwarna-warni.

Cara membuat:

1. Potong botol plastik menggunakan gunting sesuai bentuk yang diinginkan. Untuk gulungan tisu, tutup salah satu sisinya yang berlubang dengan karton.
2. Olesi seluruh permukaannya dengan lem. Tempelkan pasir atau manik-manik di permukaannya.
3. Tambahkan hiasan seperti guntingan kertas, daun, biji-bijian, atau bunga kering. Wadah ini bisa dipakai sebagai tempat pensil atau vas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar