anda pengunjung ke

Kamis, 05 Januari 2012

contoh rpp al jabar


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                 
                                    Nama Sekolah    :    SMP Negeri 13 Tasikmalaya
                                    Mata Pelajaran    :    Matematika
                                    Kelas                  :    VII (Tujuh)
                                    Semester             :    1 (Satu)


Standar Kompetensi   :ALJABAR       
2.               Memahami bentuk aljabar, persamaan dan
                                      Pertidaksamaan linear satu variabel.
Kompetensi Dasar         :          2.1.     Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya.
Indikator Pencapaian :  2.1.1   Menjelaskan pengertian, koefisien, variabel, konstanta,         faktor , suku dan suku sejenis.

AlokasiWaktu             :  2 jam pelajaran (1 pertemuan).

A.     TujuanPembelajaran
o   Pesertadidikdapatmenjelaskanpengertianvariabel, konstanta, suku, koefisiensuku, sukusejenis, dan sukutaksejenis.
B.           Karakter siswa yang diharapkan :       1.         Religi (Religius)
                                                        2.  Disiplin( Discipline )
                                                        3.  Ketelitian (Carefulnes)
                                                        4.  Kerjasama (Cooperation)
5.  Rasa hormat dan perhatian( respect)
6.  Tekun( diligence )
7.  Tanggungjawab( responsibility)
8.  PercayaDiri (Confidence)
9.  Keberanian(Bravery)

C.     Materi Ajar
         Aljabar dan Aritmetika Sosial, yaitu mengenai:
a.       Mengenal bentuk aljabar.
b.      Memodelkan pernyataan menjadi bentuk aljabar.
c.       Menjelaskan pengertian suku, koefisien suku, dan suku sejenis.

D.     Strategi Pembelajaran
         a.   Model Pembelajaran    :     Pembelajaran Kooperatif
         b.   Metode Pembelajaran  :     Ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas.

E.      Langkah-langkah Kegiatan.
         Pertemuan Pertama     
Ø  Pendahuluan         :                      
§  Apersepsi :          -    Pembelajaran di awali dengan ucapan salam (Religi)
-       Mengondisikan kelas dengan mengabsen kelas (Disiplin)
-       Membahas PR yang sudah atau yang belum di kerjakan oleh peserta didik (Tanggung  jawab)

Ø  Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø  Gurumenjelaskanpengertianvariabel, konstanta, suku, koefisiensuku, sukusejenis, dan sukutaksejenis
Ø  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
Ø  melibatkanpesertadidiksecaraaktifdalamsetiapkegiatanpembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Ø  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,  untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
Ø  Guru berkelilingkelasdanmemantausiswadisaatsiswasedangmengerjakanlatihansoal
Ø  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif
Ø  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Ø  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
Ø  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
-          berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
-          membantu menyelesaikan masalah;
-          memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Ø  KegiatanAkhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
Ø  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
Ø  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
Ø  Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.



F.Media dan Sumber Belajar
Sumber :   
-     Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1,    
-     Lktm Matematika Kelas VII Semester 1,
-     Buku Sumber yang lainnya.


               F. Penilaian Hasil Belajar     

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·    Menjelaskan pengertian, koefisien, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.

Teslisan
Daftarpertanyaan
1. Dari bentuk aljabar  2x + 3, manakah yang merupakan koefisien, variabel dan manakah yang merupakan konstanta?
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan koefisien, variabel dan konstanta.


Mengetahui,

Guru Pamong



Ai LelaS.Pd

28 September 2011

Praktikan



Rini Andriani
NIP:196503041998022001
NPM: 082151239


Tidak ada komentar:

Posting Komentar