RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP Negeri 13 Tasikmalaya
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VII (Tujuh)
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi :ALJABAR
2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan
Pertidaksamaan linear satu variabel.
Kompetensi Dasar : 2.1. Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya.
Indikator Pencapaian : 2.1.1 Menjelaskan pengertian, koefisien, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.
AlokasiWaktu : 2 jam pelajaran (1 pertemuan).
A. TujuanPembelajaran
o Pesertadidikdapatmenjelaskanpengertianvariabel, konstanta, suku, koefisiensuku, sukusejenis, dan sukutaksejenis.
B. Karakter siswa yang diharapkan : 1. Religi (Religius)
2. Disiplin( Discipline )
3. Ketelitian (Carefulnes)
4. Kerjasama (Cooperation)
5. Rasa hormat dan perhatian( respect)
6. Tekun( diligence )
7. Tanggungjawab( responsibility)
8. PercayaDiri (Confidence)
9. Keberanian(Bravery)
C. Materi Ajar
Aljabar dan Aritmetika Sosial, yaitu mengenai:
a. Mengenal bentuk aljabar.
b. Memodelkan pernyataan menjadi bentuk aljabar.
c. Menjelaskan pengertian suku, koefisien suku, dan suku sejenis.
D. Strategi Pembelajaran
b. Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas.
E. Langkah-langkah Kegiatan.
Pertemuan Pertama
Ø Pendahuluan :
§ Apersepsi : - Pembelajaran di awali dengan ucapan salam (Religi)
- Mengondisikan kelas dengan mengabsen kelas (Disiplin)
- Membahas PR yang sudah atau yang belum di kerjakan oleh peserta didik (Tanggung jawab)
Ø Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø Gurumenjelaskanpengertianvariabel, konstanta, suku, koefisiensuku, sukusejenis, dan sukutaksejenis
Ø memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
Ø melibatkanpesertadidiksecaraaktifdalamsetiapkegiatanpembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Ø memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
Ø Guru berkelilingkelasdanmemantausiswadisaatsiswasedangmengerjakanlatihansoal
Ø memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif
Ø memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Ø memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
Ø memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
- berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
- membantu menyelesaikan masalah;
- memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Ø KegiatanAkhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
Ø bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
Ø melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
Ø Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.
F.Media dan Sumber Belajar
Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1,
- Lktm Matematika Kelas VII Semester 1,
- Buku Sumber yang lainnya.
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal | |
· Menjelaskan pengertian, koefisien, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis. | Teslisan | Daftarpertanyaan | 1. Dari bentuk aljabar 2x + 3, manakah yang merupakan koefisien, variabel dan manakah yang merupakan konstanta? 2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan koefisien, variabel dan konstanta. |
Mengetahui, Guru Pamong Ai LelaS.Pd | | 28 September 2011 Praktikan Rini Andriani |
NIP:196503041998022001 | NPM: 082151239 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar