anda pengunjung ke

Minggu, 01 Januari 2012

sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi


Fungsi, Proses Kerja Komputer, dan Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Standar Kompetensi :
Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan fungsi , proses kerja komputer, dan telekomunikasi serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi
Tujuan Pembelajaran
Melalui pencarian informasi tentang alat-alat telekomunikasi, siswa dapat :
  1. Mengidentifikasi alat-alat telekomunikasi.
  2. Menjelaskan cara kerja alat-alat teknologi Informasi dan komunikasi.
A. Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu :
Teknologi Informasi
        Meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan pengelolaan informasi.
Teknologi Komunikasi
        Merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat satu ke lainnya.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Yaitu segala sesuatu kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan dan transfer/pemindahan informasi antarmedia.
B. Sejarah Perkembangan Komputer
Definisi Komputer
Komputer berasal dari bahasa latin, computera berarti menghitung dan dalam bahasa inggris, to compute.
Secara umum komputer didefinisikan sebagai perangkat elektronik yang dapat mengolah data menjadi suatu informasi, dan dapat menjalankan program yang tersimpan dalam memori yang bekerja dengan suatu aturan tertentu.
Beberapa definisi komputer menurut ahli :
Hamacher
        Berpendapat bahwa komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di dalam memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
Jhon J. Longkutoy
        Berpendapat bahwa komputer adalah alat pengolah data atau pemecah persoalan yang mampu menghasilkan informasi yang diperlukan, tetapi penanganannya harus ditangani ahlinya.
Fuori
        Berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan penghitungan besar secara cepat, termasuk penghitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
Blissmer
        Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :
l  Menerima input,
l  Memproses input tadi sesuai dengan programnya,
l  Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
l  Menyediakan output dalam bentuk informasi
 Penemuan-penemuan yang berperan terhadap perkembangan komputer
ABACUS
        Abacus sebagai alat hitung manual pertama di dunia ditemukan sekitar 5000 tahun yang lalu. Kemampuan Abacus telah terbukti sejak digunakannya sebagai alat penghitung di sekolah dan perbisnisan modern. Abacus lebih dikenal sebagai cipoa (bahasa Cina). Walaupun awalnya abacus ini berasal dari negara Mesir, tetapi karena kemampuannya yang membantu dalam menghitung kemudian dibawa oleh orang-orang Cina ke negerinya, dan kemudian berubah namanya menjadi cipoa (Sempoa)
PASCALINE
        Blaise Pascal (1623 – 1662), seorang ahli filosofi dan matematika, menemukan alat penghitung mekanik pertama yang berupa mesin. Alat tersebut diberi nama PASCALINE. Pascaline menggunakan roda penghitung untuk menjumlahkan suatu bilangan. Penemuan Blaise Pascal ini sangat dikenal dan dipuji oleh orang-orang sampai ke seluruh Eropa. Kelemahan Pascaline adalah sukar untuk diperbaiki jika rusak dan yang bisa memperbaikinya hanyalah Blaise Pascal sendiri. Kelemahan Pascaline  tersebut menyebabkan orang menganggap peralatan tersebut terlalu kompleks. Hingga pada tahun 1960, alat hitung dengan desain “roda penghitung” ini masih digunakan dan selanjutnya ketika ditemukannya alat penghitung elektronik, alat ini dianggap usang dan mulai ditinggalkan.
DIFFERENCE ENGINE
        Charles Babbage (1792-1871) menemukan sebuah mesin hitung yang disebut dengan Difference engine yang dapat melakukan perhitungan tabel matematika. Pada tahun 1834, ketika bermaksud mengembangkan mesin penghitung Difference Engine, Babbage menemukan ide mengenai Analytical Engine (mesin analis). Jadi, konsep Difference Engine ini dilandasi oleh ide Analytical Engine. Hasil pemikiran Babbage yang terperinci dan merupakan hasil penelitian yang valid, telah menggambarkan karakteristik dari komputer elektronik modern.
PUNCHED CARD
        Ditemukan oleh Joseph-Marie Jacquard (1752-1834) yang berkebangsaan Prancis. Punched card, awalnya digunakan untuk mengendalikan alat tenun Jacquard. Alat tenun ini ditemukan tahun 1801 dan masih digunakan hingga sekarang. Punched card disebut sebagai kartu berlubang, dimana lubang tersebut merupakan inti dari punched card. Punched card ini dirancang desain tenunan. Selanjutnya Babbage tertarik dengan punched card dari alat tenun Jacquard. Ia ingin menerapkan punched card untuk analytical engine-nya. Kemudian pada tahun 1834, Lady Ada Augusta Lovelace meneliti punched card dan ia menilai bahwa punched card dapat dirancang untuk menginstruksikan mesin analisis milik Babbage dan dapat mengulang operasi-operasi tertentu. Orang-orang menganggap Lady Lovelace sebagai programmer pertama atas penilaian punched card tersebut.
HOLLERITH (Pemroses Data Otomatis)
Pada tahun 1890 merupakan awal pemrosesan data secara otomatis. Herman Hollerith seorang ahli statistik menggunakan keahliannya dalam menggunakan punched card untuk sensus tahun 1890. Mesin yang digunakan dinamakan Hollerith’s punched card mechine. Dengan pemrosesan punched card dan mesin Hollerith, sensus bisa selesai dalam waktu 2,5 tahun. Sebelumnya the U.S. Bureau of Cencus tidak menyelesaikan sensus sejak tahun 1880 sampai hampir tahun 1888 dan kemudian dihentikan sebelum berlangsung selama 10 tahun.
Berdasarkan hasil penemuannya itu, Hollerith mendirikan sebuah perusahaan mesin Hollerith yaitu Tabulating Machine Company dan menjual produknya ke seluruh dunia. Terbukti permintaan mesin Hollerith sangat besar hingga menyebar sampai ke Rusia. Rusia pada tahun 1897 menggunakan mesin Hollerith untuk sensus pertama kalinya. Pada tahun 1911, Tabulating Hollerith Company bergabung dengan beberapa perusahaan lain dan berganti nama menjadi Computing-Tabulating-Recording Company.
ELECTROMECHANICAL ACCOUNTING MACHINE
Hasil atau output mesin Hollerith masih harus ditulis tangan, sampai pada tahun 1919 Computing-Tabulating-Recording Company mengumumkan bahwa  mereka telah menciptakan printer yang disebut dengan lister. Hasil penciptaan mesin pencetak tersebut akhirnya mengubah jalan hidup perusahaan tersebut. Pada tahun 1924 perusahaan tersebut mengubah namanya menjadi International Business Mechine Corporation (IBM). Sampai pertengahan tahun 1950, teknologi punched card diperbaiki dengan penambahan beberapa alat serta kemampuan yang lebih pintar. Pada setiap kartu biasanya mengandung sebuah record (misalnya nama dan alamat), pada pemrosesan punched card juga ada yang disebut sebagai unit record processing (satu kartu = satu record)
        Selanjutnya, mesin punched card Electromechanical Accounting Machine (EAM) ditemukan. Produk dari EAM ini adalah punched card, verifier, reproducer, dummary punch, interpreter, sorter, collector, calculator, dan mesin akunting.
        EAM diprogram untuk melakukan operasi khusus dengan menyisipkan papan kontrol yang prewired. Papan kontrol prewired adalah sebuah panel yang berbeda terhubung tiap jenis operasi untuk bekerja.
Sebelum alat elektronik dikenal, semua kegiatan manusia diawali dengan peralatan secara manual. Alat pengolah data  sejak zaman purba sampai saat ini dapat digolongkan ke dalam 4 golongan besar :
  1. Peralatan Manual, yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dengan menggunakan tenaga tangan manusia sebagai faktor utamanya.
  2. Peralatan Mekanik, yaitu peralatan yang digerakkan dengan tangan secara manual, peralatan dalam bentuk mekanik.
  3. Peralatan Mekanik Elektronik, yaitu peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh motor elektronik.
  4. Peralatan Elektronik, yaitu peralatan yang bekerjanya secara elektronik seluruhnya.
Komputer Berdasarkan Data yang Diolah
Komputer Analog
        Komputer yang mengolah data dengan menerjemahkan keadaaan fisik, seperti : suhu, cuaca, jam analog, dan tekanan udara. Data yang dimasukkan dalam bentuk analog. Contohnya, komputer penghitung aliran BBM pada SPBU.
Komputer Digital
        Komputer yang mengolah data dengan menerjemahkan dalam kondisi benar dan salah dengan menggunakan bilangan binary. Data yang dimasukkan dalam bentuk digital. Contohnya : Komputer yang kita gunakan sekarang.
Komputer Hibrid
        Komputer jenis ini merupakan hasil penggabungan sistem komputer analog dengan komputer digital. Komputer hibrid digunakan untuk menjalankan kerja-kerja penyelidikan, seperti : mengkaji keadaan cuaca, keadaan laut, ramalan keadaan saham di bursa saham, dan masih banyak lagi.
Komputer Berdasarkan Penggunaannya
Komputer untuk tujuan khusus (special purpose computer)
        Komputer yang dirancang dan dibuat untuk suatu tujuan yang bersifat khusus, seperti komputer pada rumah sakit, komputer alat-alat kedokteran, dan komputer untuk pengatur rambu lalu lintas
Komputer untuk tujuan umum(general purpose computer)
        Komputer yang dirancang dan dibuat untuk suatu tujuan yang sifatnya umum agar dapat membantu aktivitas manusia dalam bekerja, contohnya Personal Computer (PC)
Komputer Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya
Komputer mikro (micro computer)
Komputer mini (mini computer)
Komputer kecil (small computer)
Komputer menengah (medium computer)
Komputer besar (large computer)
Komputer super (super computer)
Komputer Berdasarkan Generasinya
Komputer generasi Pertama (1946-1959)
        Komputer generasi pertama mempunyai komponen-komponen yang terbuat dari tabung hampa (vacuum tubes), sehingga ukurannya sangat besar. Beberapa komputer yang termasuk pada generasi ini adalah :
l  Z3 diciptakan tahun 1941, merupakan komputer yang digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Komputer ini diciptakan oleh seorang  insinyur dari jerman bernama Konrad Zuse.
l  Collosus diciptakan tahun 1943, merupakan komputer yang digunakan untuk memecahkan kode rahasia. Komputer ini digunakan oleh negara jerman, tetapi diciptakan oleh Inggris. Komputer ini termasuk dalam kategori komputer yang hanya mampu mengerjakan satu masalah (single purpose)
l  Kalkulator elektronik, adalah komputer kalkulator elektronik. Komputer ini digunakan oleh tentara marinir Amerika (US Navy). Komputer ini memiliki kabel sepanjang 500 mil sehingga ukurannya hampir setengah lapangan sepak bola. Komputer ini dibuat oleh seoarang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM bernama Howard Aiken.
l  Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Komputer ini seperti kalkulator menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mark beroperasi dengan lambat, yaitu 4 – 5 detik untuk setiap kalkulasinya.
l  Elektronik Numerical Integrator and Computer (ENIAC), dibuat atas kerjasama pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Ukuran komputer ini pun sangat besar, komponen komputer ini terdiri dari 18.000 tabung hampa (vacuum tubes), 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder dengan daya listrik sebesar 160 kW. ENIAC termasuk ke dalam komputer serbaguna (multi purpose computer) yang memiliki kecepatan 1000 kali lebih cepat dari MARK I. Komputer ini dirancang oleh John Presper Ecker (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980)
l  Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC), diciptakan pertengahan tahun 1940-an oleh John Von Neumann (1903 – 1957) dengan tim University of Pennsylvania. Komputer ini menggunakan sebuah memori untuk menampung data dan program. Komputer ini sudah mengandalkan CPU sebagai proses sentral untuk mengkoordinasikan semua fungsi dari komputer.
l  UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) tahun 1951, yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut.
Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)
        Komputer generasi ini ditandai dengan penggunaan transistor sebagai komponen elektroniknya, sehingga komputer menjadi lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding komputer pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah super komputer. Beberapa komputer pada generasi ini adalah :
l  Strech, dibuat oleh perusahaah IBM
l  LARC, dibuat oleh Sprery-Rand
l  IBM 1620 dan 1410, dibuat oleh perusahaan IBM.
        Komputer tersebut dikembangkan untuk laboratorium energi atom agar dapat menangani sejumlah besar data yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly.
        Bahasa Assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar  menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
        Pada generasi ini, beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan, yaitu bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN). Seiring dengan hal itu, berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst,  dan ahli sistem komputer). Industri peranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.
Komputer generasi ketiga (1964 – 1970)
        Pada generasi ini, komputer telah menggunakan IC (Integreted Circuit). Komputer generasi ini juga menggunakan komponen yang lebih praktis dan lebih baik, yaitu semikonduktor yang dipadatkan dalam sebuh chip sehingga ukuran komputer menjadi lebih kecil dari generasi sebelumnya. Transistor memang lebih mengungguli tabung hampa (vacuum tubes), namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) dapat menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: Integrated Circuit) di tahun 1958.
        IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemunusiaan berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip 
        Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. Komputer yang termasuk dalam generasi ketiga ini adalah :
l  PC – XT
l  PC – AT 286, 386
Komputer generasi keempat (1979 – sekarang)
        Pada generasi ini, komputer sudah dilengkapi dengan teknologi LSI (Large Scale Integration) yang mampu menyatukan  ratusan komponen dalam sebuah chip. Kemudian, teknologi VLSI (Very Large Scale Integration) yang mampu menyatukan ribuan komponen dalam sebuah chip. Adapula teknologi ULSI (Ultra Large Scale Integration) yang memuat jutaan komponen dalam sebuah chip. Dengan demikian, komputer ini mempunyai ukuran yang sangat kecil, contohnya adalah personal computer sekarang. Sebuah microprocessor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan.
        Contoh komputer pada masa generasi ini adalah :
l  PC – AT 486
l  Pentium
l  Pentium II
l  Pentium III
l  Pentium IV
l  Athlon
l  AMD K6
l  Pentium Mobile
l  Core Solo
l  Core Duo
l  Core 2 Duo
l  Core 2 Quad
Komputer Generasi Kelima
        Generasi yang akan datang dapat disebut generasi kelima. Pada generasi ini, komputer mempunyai lebih banyak unit pemroses yang berfungsi serentak untuk menyelesaikan lebih dari satu tugas pada satu masa. Komputer itu juga seolah-olah dapat berpikir sendiri mengenai cara-cara untuk menyelesaikan sesuatu masalah tanpa memerlukan banyak bantuan manusia. Selain itu, komputer dapat bertindak dengan mengeluarkan suara melalui sebuah mikrofon. Sifat ini dinamakan kecerdasan buatan.
        Komputer generasi kelima adalah komputer yang memiliki banyak fungsi (multi fungsi), misalnya dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia.
        Robot Asimo, merupakan produk dari Jepang yang dapat dikategorikan komputer pada generasi kelima. Komputer ini memiliki kecerdasan buatan (artificial intelligence).             

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar